Logo

CARA MENGAKALI COPYRIGHT BACKSOUND ATAU MUSIK PADA VIDEO DI INSTAGRAM

Hay hay, udah lama syekali nggak ngeblog dan bikin postingan, mungkin dipostingan kali ini gue mau membagikan tips bagaimana cara ngakalin atau mengatasi copyright musik atau backsound pada instagram. 
 
Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi di jaman sekarang, beberapa media sosial (setau gue) contohnya youtube dan instagram. akhir-akhir ini mulai membuat peraturan baru yang bagi gue pribadi ini sangat mengganggu (kok mangganggu sih?) iya jelas sangat mengganggu, karena mereka mulai membuat aturan tentang copyright atau yang biasa di sebut juga dengan hak cipta, menurut gue ini sama aja mempersempit ruang ide kreatif untuk membuat suatu karya salah satunya video, ya khususnya kalian para video maker. Namun dilain sisi gue juga setuju dengan adanya peraturan baru ini, ya artinya mereka (instagram) menghargai karya dan hak cipta seniman atau pemusik itu sendiri dan meminimalisir pembajakan. Mungkin itu aja sih unek-unek gue *jadicurcol.
 
Oke langsung aja deh ya ke intinya 

Terus gimana sih cara mengatasinya?? 

Cara mengatasi hal ini sebenernya sih gampang  aja, Cukup siapin software Audacity. Dan selanjutnya rekam lagu apa saja yang kalian ingin masukan ke dalam video, kalo udah direkam, kalian tinggal klik File >> Export Music, Setelah muncul jendela pada gambar dibawah ini, kalian jangan mengisi nama penyanyi dan judulnya sebab kalau kalian mengisi full, video yang berisikan backsound tersebut akan terdeteksi oleh mesin filter copyright instagram (gue sebut sih begitu) soooo, kalian tulis judul dan penyanyinya di singkat aja atau lebih bagus pake inisial. Contohnya kaya gambar dibawah, gue mau masukin lagu Ain't it fun dari Paramore, cukup isi inisialnya aja pada File namenya.

*Bagi yang belum tau cara merekam lagu di audacity kalian bisa mampir pada postingan gue yang ini >Disini<


Selanjutnya pada jendela Metadata, kosongin aja dan klik Oke. Selesai deh


Intinya Nama artis dan judul jangan sampe lengkap, cara ini hanya untuk menghindari dari filtering mesin atau server copyright instagram. Semoga cara ini bisa membantu kalian ya. Mungkin sampe disini dulu postingan kali ini, jangan lupa untuk share artikel dan komen pada kolom dibawah, see yaaaa..